Jika Anda Ingin Kaya 5 Tahun dari Sekarang, Baca Artikel ini sampai selesai

Kali ini saya akan sharing sesuatu yang benar-benar spesial Khususnya untuk para generasi millenial. Jika anda ingin kaya 5 tahun dari sekarang, anda harus benar-benar baca artikel ini sampai selesai!!

kali ini saya akan menawarkan suatu konsep menabung yang jauh lebih menarik. Karena  perkembangan teknologi sangat cepat.

Pada artikel kali ini, saya akan mengajarkan kepada anda. Yaitu satu lagi konsep menabung yang harus anda pahami. Yaitu Digital Assets. Saya ulangi, digital assets.

Memang digital asset ini merupakan terobosan baru di masa yang akan datang. Mengapa saya mau membahas tentang digital asset? Ada baiknya anda mendengarkan sejarah revolusi industri. Revolusi industri itu yang pertama adalah revolusi industri 1. 0.  yang mana tokoh yang sangat terkenal saat itu bernama James Watt. Jika anda pernah belajar sejarah, anda pasti tahu. Yaitu penemu mesin uap.

Dimana ketika industri 1.0 tersebut semua terjadi. Dan akhirnya, manusia mulai terbiasa menggunakan mesin. 100 tahun kemudian, yaitu pada industri 2.0. Yaitu terjadilah sebuah revolusi industri baru, dimana ketika orang sudah mulai terbiasa menggunakan mesin. Tetapi di industri 2.0, manusia sudah mulai terbiasa menggunakan standarisasi penggunaan mesin. Standarisasi penggunaan mesin dipopulerkan oleh Henry Ford.

Yaitu pendiri Ford Company yang sekarang kita kenal dengan mobilnya ‘Ford’. Akan tetapi, proses itu butuh waktu 100 tahun dari industri 1.0 menuju ke industri 2.0.

100 tahun kemudian. Sampai 120 tahun kemudian, terjadilah industri 3.0. Dan saat itu, kita mulai berkenalan dengan yang namanya internet. Jadi apabila dulu anda bingung dengan internet, sekarang anda sudah tidak bisa lepas dari yang namanya social media.

Anda sudah tidak bisa lepas dari yang namanya Facebook, anda sudah tidak bisa lepas dari yang namanya Instagram. Dengan internet, everything is possible. Semua itu memungkinkan. Dan hal itu mulai dipopulerkan di awal 1990. Jadi, butuh waktu 100 tahun lebih lagi dari 2. 0 ke 3. 0. Jadi anda bisa bayangkan, revolusi industri itu dari 1 sampai 3 itu butuh lebih dari 250 tahun untuk bisa mencapai revolusi industri yang sekarang.

Tetapi, baru-baru ini saya kaget. “Di industri 4. 0 akan memberikan dampak kecepatan,perubahan hampir 3 ribu kali dibandingkan revolusi industri yang pertama”. Ketika Bapak Joko Widodo menceritakan tentang lahinrya industri 4. 0, anda bayangkan di revolusi industri tersebut.

Bapak Jokowi mengatakan apa? Semua yang kita pakai mulai dari HP kita, jam tangan kita,foto kita, maupun wajah kita, itu semua sudah bisa direkam. Dan semua itu terbentuk menjadi satu kata. Yaitu disebut DATA.

Saya ulangi lagi, DATA. Dia tidak terlihat secara fisik. Kalau disebut kertas, tidak ada kertasnya. Coba anda bayangkan, dulu handphone hanya untuk telepon. Sekarang sudah bisa menggantikan fungsi kamera, bisa menggantikan fungsi komputer, dan bisa menggantikan banyak fungsi. Itulah yang namanya industri 4. 0. Dan coba anda bayangkan, dari industri 3. 0 ke industri 4. 0, tidak butuh 100 tahun lagi.

Tetapi hanya butuh 10 sampai 15 tahun. Bisa anda bayangkan, kalau dulu raja-raja Arab menemukan oil, itulah sebabnya raja Arab kayanya minta ampun. Dan ‘data is the new oil’. Saya ulangi, ‘data is the new oil’. Jadi bagi anda yang menguasai data di zaman sekarang, anda akan menjadi raja Arab di masa yang akan datang. And i’m serious. Saya sangat serius mengatakan ini.

MUST READ:  17 Peluang Usaha Makanan/Kuliner Yang Paling Menguntungkan

Jadi, anda jangan sembarangan upload di social media. Jika anda suka upload ketika diri anda sedang galau atau stress, besok-besok kalau mau mencari pekerjaan pasti susah banget. Karena apa? Mana ada perusahaan yang mau mempekerjakan orang alay kayak anda? Orang galau kayak anda? Gak ada yang mau.

Makanya, jangan sembarangan upload di social media. Kalau upload itu yang positif. Berikanlah content yang positif. Jadi apabila sekarang anda sudah mengerti apa itu data, maka oleh sebab itu, aset pun sekarang juga sudah berbentuk data. Data yang paling memungkinkan adalah data digital.

Oleh sebab itu, aset digital atau digital asset adalah aset yang tidak kelihatan, tetapi sangat berharga dan mahal sekali di masa yang akan datang. Mengapa saya katakan 5 tahun? Karena saya yakin bisa lebih cepat. Tetapi kalau lebih lama, sepertinya gak mungkin. Tetapi semua itu tergantung digital asset.

Mengapa kita harus menabung digital asset? Saya punya 3 alasan. Jadi sebelum anda menabung uang anda ke digital asset,ada 3 alasan kuat yang harus anda selidiki sebelum anda menabung atau mengisi dana anda ke digital asset. Yang pertama adalah anda harus tahu background perusahaan digital asset tersebut.

Siapa orang di baliknya. Kemudian latar belakang perusahaannya seperti apa. Harus jelas. Karena sekarang berkeliaran banyak ‘bahaya’ di internet. Semua menawarkan digital asset. Please, hati-hati.

Saya tidak sembarangan merekomendasikan digital asset. Itu yang harus anda ketahui. Saya pun sebelum menceritakan digital asset, saya harus selidiki dulu apa itu digital asset. Yang paling simple adalah kantornya harus jelas. Background company’nya harus jelas. Pemimpin perusahaannya harus jelas. CEO’nya harus jelas, siapakah orang-orang di baliknya. Itu yang pertama.

Yang kedua, model bisnisnya harus jelas. Karena digital asset itu bukan semata-mata digital asset. Anda harus meletakkan uang anda. Kemudian kalau ternyata uang anda itu diputar dalam bentuk seperti money game, atau scamming, atau skema piramida, please hati-hati. Itu gak jelas jenis usahanya.

Jadi model bisnis atau jenis usahanya harus jelas. Karena sekali lagi, saya ini seorang entrepreneur. Saya memiliki banyak perusahaan. Maka saya harus tahu di digital asset itu perputaran uangnya/cashflow’nya darimana.

Kalau memang dari hasil perdagangan atau komoditi, maka anda layak menginvestasikan dana anda ke digital asset. Seperti contohnya saya sendiri juga merekomendasikan beberapa saham yang bagus. Banyak orang yang bertanya kepada saya : “Pak, saham yang bagus itu apa?” Saham yang bagus itu sektornya harus jelas. Sektor riil’nya harus jelas. Usahanya harus jelas.

Contohnya, saya juga investasi di jalan raya. Saya beli sahamnya Jasa Marga, contohnya. Ini bukan promotion endorsement yaa. . Tetapi saya sendiri beli. Kenapa? Sekarang kita lihat. Jalan jalan, infrastruktur itu dibangun dimana-mana. Kalau kita investasi kesitu, dana anda akan berkembang di masa yang akan datang. Itu bagus sekali. Karena apa? Usahanya jelas. Pembangunannya jelas.

MUST READ:  5 Perbedaan Memakai Uang Sehingga Anda Miskin dan Orang Lain Kaya!

Jadi, digital asset juga sama. Kalau model bisnis anda hari ini gak jelas, hati-hati. Atau jangan-jangan model bisnisnya cuma abal-abal? Anda juga harus hati-hati. Itu alasan yang kedua. Alasan yang ketiga, sebelum anda menginvestasikan dana anda ke digital asset, maka anda harus tahu siapa tim di balik digital asset tersebut.

Kalau timnya memang dari perusahaan-perusahaan yang memang bonafit, perusahaan-perusahaan yang memang sudah jelas terbukti kredibilitas dan integritasnya, maka anda boleh berinvestasi. Tetapi kalau background perusahaannya cuma, saya mohon maaf, orang yang dibuat-buat seolah ada, berarti anda memang kurang informasi.

Jadi, berhati-hatilah dalam menginvestasikan dana anda ke sebuah digital asset tertentu. Itu yang harus saya garis bawahi. Setelah anda mengetahui mengapa anda harus melihat sebelum anda menginvestasikan dana anda ke digital asset tertentu, sekarang saya akan mempromosikan. HARA company. Apa itu HARA company? Perusahaan HARA ini adalah sebuah perusahaan data agrikultur nomor satu di dunia.

Sekali lagi DATA, kata kuncinya data. Mengapa saya memilih HARA sebagai partner saya dan akhirnya saya memutuskan memilih HARA? Karena 2 tahun belakangan ini banyak sekali permintaan para subscriber, “Pak Chandra, tolong bahas digital asset dan sebagainya”.

Mengapa saya tidak mau membahasnya? Karena dalam 2 tahun ini saya sangat selektif memilih partner saya. Saya sangat selektif memilih siapakah orang-orang yang layak untuk saya jadikan partner.

Karena channel Success Before 30 ini sekali lagi adalah channel satu-satunya di Indonesia, bahkan di Asia Pasifik, bahkan di dunia yang memang konsisten mengajarkan setiap orang untuk menjadi seorang entrepreneur. Sesuai dengan visi dari channel kami.

Dan saya tidak mau entrepreneur-entrepreneur Indonesia berikutnya tertipu hanya karena iming-iming keuntungan tertentu. Sehingga anda harus menginvestasikan dana anda ke digital asset tertentu dan akhirnya hilang. Sekali lagi, ada 3 alasan yang tadi anda lihat di belakang. Mengapa saya memilih HARA? Alasan yang pertama adalah HARA memiliki manfaat.

Jadi, HARA memiliki manfaat untuk para petani. Mengapa harus petani? Karena begini. . Anda sadar gak, setiap hari anda makan nasi 3 kali. Anda kalau makan, kalau tidak ada petani, siapa yang memberi? Beras itu tidak datang secara tiba-tiba.

Anda memang beli di supermarket. Anda memang beli di toko swalayan. Tetapi, siapa yang memproses pertama kali sampai padi itu layak dimakan? Itu adalah petani. Jadi kalau kita hari ini menginvestasikan dana anda di digital asset HARA, otomatis anda juga memberikan bantuan kepada para petani. Sebagai rasa terima kasih kepada para petani. Ini penting sekali.

Dan yang kedua, anda juga memberikan manfaat kepada pengusaha-pengusaha di daerah lahan pertanian tersebut. Contohnya, mungkin disitu ada yang membuka toko kelontong. Petani ‘kan juga butuh makan, butuh minum. Disitu ada toko. Maka anda juga menghidupkan UKM-UKM yang ada di daerah sana. Dan satu lagi. Anda harus tahu bahwa Indonesia adalah negara agraris.

MUST READ:  7 Peluang Usaha Rumahan atau Usaha Sampingan yang cocok untuk dikerjakan

Ini sangat luar biasa. Salah satu negara dengan jumlah lahan pertanian yang sangat luas di dunia. Anda bisa bayangkan kalau seandainya seseorang yang melakukan investasi digital asset di HARA, itu artinya anda juga turut membantu para petani.

Dan anda juga turut membantu para petani untuk menjadi petani’preneur. Atau kita sebut dengan nama agripreneur. Manfaatnya ini luar biasa. Jadi, anda turut memberikan andil kepada para petani yang ada di Indonesia. Itu luar biasa. Itu yang pertama.

Alasan yang kedua mengapa saya memilih HARA adalah karena HARA memiliki teknologi. Ini sangat penting sekali. Jadi, kita memiliki teknologi yang sangat maju. Yaitu teknologi blockchain. Jadi, blockchain ini menyediakan data secara transparan. Bukan data abal-abal ya. . Karena banyak orang yang apabila berjualan data itu abal-abal. “Ini data orang kaya di kota tertentu. Ini nomor HP’nya dan sebagainya”.

Menurut saya, data ini tidak terlalu signifikan. Kalau dulu, data itu memang bisa dijual. Tetapi data ini karena menggunakan blockchain technology, kekuatannya itu sangat transparan dan tidak diragukan lagi keasliannya. Itulah kekuatan blockchain.

Saya tidak akan bahas blockchain disini. Anda bisa searching sendiri. Tetapi yang terpenting adalah blockchain ini merupakan salah satu teknologi yang sangat saya rekomendasikan. Dan kebetulan HARA sudah menggunakan teknologi blockchain.

Yang ketiga, HARA memberikan kesempatan. 3 alasan saya mau berpartner dengan HARA adalah karena ada kesempatan bagi setiap orang untuk menjadi entrepreneur di ekosistem setiap daerah dan di luar negeri. Perlu anda ketahui bahwa HARA ini adalah perusahaan data agrikultur nomor satu di dunia yang sudah tersebar di 8 negara.

Yang mana 8 negara itu yang pertama adalah Uganda, yang kedua adalah Kolombia, yang ketiga Bangladesh,kemudian di Vietnam, Thailand, kemudian di Peru, Meksiko dan Kenya. Kedelapan negara tersebut berada di garis khatulistiwa yang sama seperti Indonesia.

Jadi negara yang berada di garis khatulistiwa itu pertaniannya sangat bagus. Tetapi sekali lagi, kita tahu para petani itu penghasilannya sangat jauh di bawah rata-rata. Sehingga mereka itu kasihan banget. Karena petani itu sudah bekerja keras, tetapi hasil karya mereka itu tidak dihargai.

Saya tidak mau bocorkan masalahnya disini,tetapi kita tahu bahwa banyak orang-orang yang memainkan harga pangan dan sebagainya sehingga para petani itu tidak makmur. Tetapi dengan adanya HARA, maka saya yakin para petani itu bisa makmur.

Jadi selain anda berinvestasi digital asset di HARA, anda juga turut membantu petani. Dan tentunya, investasi di HARA tidak akan rugi. Karena investasi di HARA itu selain anda mendapatkan digital asset, data yang sangat solid seperti yang saya ceritakan di awal tadi,anda juga punya social impact.

Anda juga turut membantu kepentingan sosial seperti sila kelima Pancasila. Yaitu ‘Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia’. Yaitu kita membantu para petani menjadi petanipreneur. Jadi dengan anda hari ini berinvestasi di HARA digital asset, otomatis anda juga turut membantu setiap orang,khususnya para petani untuk memiliki kondisi yang lebih baik.

About The Author

Reply