Adwords VS SEO, Mana Yang Paling Terbaik?

Halo, di artikel kali ini saya akan membahas tentang Adwords versus SEO, ya. Ini adalah topik yang menarik yang sering dipertanyakan oleh teman-teman pemasar yang baru saja mungkin masuk ke dalam dunia pemasaran digital.

di artikel ini kita akan bahas Pro dan kontra, kelebihan dan kekurangan masing-masing dan kita lihat Apakah Anda lebih cocok team adwords atau team SEO? mari kita lihat.

Ini adalah salah topik yang sering orang pertanyakan. Jadi kalau kita tanya pada orang yang berbeda, tentu jawabannya berbeda, kalau Anda yang di team adwords atau team iklan berbayar mungkin berkata Wah, kalau saya pakai SEO ini mah terlalu lama. Keburu di caploklah atau keburu kompetitor makan Karena kompetitor pake iklan.

Kita cepet-cepetan. nih Loh, kalau saya iklan bayar aja hasil ROInya positif Kenapa saya musti nunggu lama-lama. Tinggal saya perbesar aja budgetnya, good ya Anda berarti cocok dengan teamAdwords.

Nah gimana dengan team SEO. Team SEO adalah Orang-orang yang biasanya suka konten, Ya mereka berasa branding Atau high quality side is everything. Jadi dari pada ngiklan, mending saya garap website saya dengan baik.

Kontennya bagus, orginal,high quality, nanti traffic akan masuk dengan sendirinya. Ini di amini oleh salah satu agency besar pembuat software juga namanya hubspot dengan konsep Inbound marketingnya.

Jadi saya pernah Bicara dengan salah satu team hubspot saya tanya “kenapa sih di hubspot kalian tidak pernah meng-endorse atau menyarankan orang untuk beriklan. Jawabannya mereka “Oh sebenarnya simpel, tinggal liat aja di analytics kalian, Di analytics liat mana yang konversinya paling besar Ya, nggak salah juga sih, karena Ada orang seperti itu ada lebih suka dengan team SEO.

Kita sering liat nih orang-orang yang pake PPC pake adwords juga mengerjakan proyek-proyek yang berdasarkanSEO dan kita simpulkan ada 5 hal yang bisa Anda pertimbangkan Apakah Anda mau masuk team PPC, team adwords Atau Anda lebih fokus mengerjakan konten dengan SEOnya.

Oke, yang pertama. kalau pertanyaannya adalah Siapa yang lebih cepat menghasilkan traffic atau pengunjung? jawabannya adalah Adwords ya.

Karena di Adwords saat iklannya sudah siap tayang, budgetnya nggak ada masalah Paling di review setengah jam, satu jam iklannya sudah mulai tampil dan pengunjung udah mulai masuk.

MUST READ:  6 Penyebab Mengapa Iklan Adwords Anda di Suspend

kalau di SEO ini berbeda, saat yang Anda kerjakan SEO sekarang, belum tentu hasilnya besok jadi gitulah. bisa jadi hasilnya bulan depan ataubisa tiga bulan lagi atau empat bulan lagi. Kalau kata kuncinya sulit pariwisata contohnya. wah itu bisa sampe satu tahun mungkin baru keliatan. Jadi kalau kecepatan menghasilkan pengunjung Adwords adalah pilihan yang tepat.

Yang ke dua, kalau pertanyaannya adalah siapa yang Reachnya paling besar berkaitan dengan yang pertama tentunya. Ya awabannya adalah Adwords. Kenapa? karena di Adwords kita bisa bidik kata kunci.

Kembali lagi ya search engine urusannya dengan kata kunci kata kunci bisa ribuan sekaligus dalam satu waktu. Ini berbeda dengan SEO. SEO Biasanya kalau di tim kami itu biasa sekali jalan kampanye kita optimasi empat kata kunci enam kata kunci gitu ya terbatas.

Ya, itupun harus ditunggu sampai beberapa bulan barukeluar. baru keluar hasilnya, Ya, jadi kalau hubungannya dengan Reach atau jangkauan banyak-banyakan kata kunci yang bisa dioptimasi dalam sekali waktu.

Kita bicara soal adwords adalah goalnya. Nah gimana dengan kalau kita bicara tingkat kesulitan Nah, tingkat kesulitanTentunya kembali lagi Adwords. Pokoknya ni kesannya pro Adwords ya, nggak juga.

nanti kita akan lihat Adwords adalah tempat di mana kita bisa belajar dalam waktu satu, dua hari udah ngerti operasi adwordsnya. ya secara basic lah.

Tapi kalau di SEO ya apa yang kita pelajari terus kita praktekkan belum tentu hasilnya keliatan saat itu. Jadi kayak kita masih nunggu ini beneran nggak ya hasilnya, kita bisa liat seminggu lagi keluar ga ya hasilnya, seperti itu.

Jadi kalau bicara tingkat kesulitan di SEO memang sedikit menantang. Menantangnya kenapa? Karena kalau kita bicara Adwords, Google keluar panduan Kita bisa masuk situs seperti academy for apps. Bisa ada kelas-kelas Adwords langsung dari Google Di pelajari checklistnya apa saja yang diperlukan untuk biar iklannya keren. Tapi kalau SEO, Google cuma kasi satu halaman guide itupun starter guide.

selebihnya tidak pernah kasi checklist apa saja yang perlu dilakukan untuk biar situs kita ranking. dia ngga pernah Membuat claim atau petunjuk checklist yang seperti itu, ya.

Jadi di sini kita bicara soal Semacam guesting game cuma tebak-tebakan kita melihat yang berhasil seperti apa kadang-kadang kita lihat round table keputusan dari pada pemain SEOsemua “oh mereka semua sepakat bahwa misalnyaPanjang kalimat.

MUST READ:  4 Peluang Bisnis Online Yang Bisa Kamu Coba Sekarang Juga

panjang artikel menentukan misalnya, seperti itu Ini jadi pengalaman untuk beberapa orang diambil satu kesimpulan bahwa iniya rulesnya untuk bisa dapat ranking.

Nah jadi SEO ada sedikit tingkat menantangnya.

Nah Faktor yang ke empat adalah faktor trust atau kepercayaan. Nah di sini saya bisa bilang bahwa SEO lah juaranya. Ya, karena kalau di SEO Orang masuk karena trust yang lebih besarya, karena kalau kita liat orang cari search gitu ya mereka ngeliat oh iklan, iklan, iklan.

bahkan beberapa orang bilang Ah saya nggak pernah ngeklik ni yang atas. Mereka lebih suka ngeklik yang bawah. karena yang bawah itu organik , real ya tapi kalau kita bicara di Adwords.

Jadi gini kalau Anda Mau bangun brand jangka panjang , ini bagus Kalau di Adwords ya ini orang klik karena penawaran jadi mungkin trustnya belum kebentuk, tapi penawaran Anda menarik, saya bisa bilang orang masuk Adwords karena penawaran dan juga salah satu kelebihannya Adwords di banding SEO adalah kalau di Adwords, Anda bisa rubah-rubah textnya hari ini misalnya hari kemerdekaan diskon Nah terus tiba-tiba Anda rubah lagi besok promosi akhir tahun, diskon nah itu bisa.

tapi kalau di SEO tidak segampang itu, ya Anda mesti pelan-pelan optimasi lagi, optimasi lagi tapi kalo trust ininih ya jadi kalau Anda mau bangun brand Anda bangun bisnis, ini jangan dilupakan.

Nah sekarang yang ke lima ya bicara soal murah atau mahal. Nah di sini saya nggak bisa bilang dua-duanya. Karena dua-duanya sangat-sangat relatif ya. tentunya kalau kita bilang Adwords ya dia sangat budget dependent.

artinya kalau budgetnya abis , iklannya ilang. Kalau disini Ya kita bisa bilang effort besarnya adalah waktu bangun di awal. ya pada saat bangun di awal Anda perlu sedikit investasi, perlu bayar artikel kadang-kadang perlu bayar endorse.

kalau Anda yang dalam tanda kutip ngerti trik-trik gitu ya Anda suka bayar proxy, bayar service pihak ke tiga untuk ngecek backlink segala macem.

Jadi ada investasi di awal. Tapi, begitu situs Anda sudah di percaya atau istilah tekhnisnya adalah sudah autority ya, nah situs Anda gampang melakukan rankingya. Jadi kalau kita bicara murah atau mahal sangat relatif. di sini memang sepertinya besar di awal cape di awal, tapi untuk jangka panjangnya ini enak ini investasi jangka panjang.

MUST READ:  Belajar Internet Marketing Untuk Anda Yang Masih Pemula

Kalau di PPC ini sangat budget dependent ya. budgetnya abis udah bye-bye. Daily budgetnya abis, bye-bye. Iklannya udah hilang Oke yah, nah tapi sekarang kalau kita liat bisa ngga sih ni dua saling kerja sama? sebenarnya bisa ya, apalagi Adwords bisa sangat membantu SEO.

Bayangkan Anda bangun situs, Tapi Anda belum dapat traffic dan Anda udah effort di sini. Tapi begitu ranking orang masuk, ternyata situs Anda nggak bagus. nggak bagus seperti mungkin pengalaman penggunanya jelek, loadingnya lama, segala macem, dan Anda sudah effort beberapa bulan.

Gimana kalau misalnya Adwords bisa bantu. Jadi Adwords di pake untuk riset Anda tinggal bayar sejumlah dana gitu ya. Anda alokasikan Untuk terus kirim traffic ke situs Anda dan kemudian Anda bisa liat oh situs Anda ternyata pengalaman penggunanya udah bagus atau belum. bounce ratenya seperti apa.

kedua, riset kata kunci ya jadi bisa di Adwords ada namanya dinamic search. kita ngga usah set kata kuncinya kita serahkan Adwords untuk ngeliat yang relevan dari pencarian orang di Indonesia misalnya terhadap situs Anda tuh apananti dia bisa cariin kata kuncinya. Jadi bisa ngebantu.

SEO juga sama kalau Anda sudah ranking Anda liat nih bagus nih Produk ini ternyata banyak dilihat. Anda bisa pindahkan kata kunci-kata kunci ini ke dalam ad kampanye Adwords Anda ya. ini adalah contoh gimana dua ini sebenarnya saling bisa berkombinasi.

Jadi kesimpulannya. saya tadi sudah ulang berkali-kali yang satu ini untuk jangka panjang, ini untuk jangka pendek ya. Kalau Anda baru launching produk , Anda mau tes produk Anda diterima market atau nggak penawarannya mau angelnya seperti apa, Anda butuh tes kalo saya pake warna merah atau warna biru segala macem, nah ini bagus pake Adwords.

JadiAnda alokasikan khusus buat riset ya. Kalau Anda udah dikenal orang SEO bisa jadi salah satu pilihanya. Itu dari saya kembali pilihan tergantung dari Anda.

Semoga pembahasan ini bisa menginspirasiyah. kalau Anda suka dengan artikel seperti ini, jangan lupadi LIKE, dan sahare ya.

About The Author

Reply