7 Peluang Usaha Rumahan atau Usaha Sampingan yang cocok untuk dikerjakan

Di artikel kali ini kita akan mempelajari tentang 7 Peluang Usaha Rumahan atau Usaha Sampingan yang cocok untuk dikerjakan oleh temen-temen yang berprofesi sebagai Ibu Rumah Tangga.

Apa saja tujuh peluang usaha itu? Okey, kita mulai dari yang pertama, yaitu

1. Bisnis Kyaraben

Apa itu Kyaraben? Kyaraben berasal dari Jepang dan Kyaraben adalah singkatan dari kata Character Bento atau Bento berbentuk karakter. Kyaraben adalah kotak makan yang dibentuk dan ditata sedemikian rupa sehingga bentuknya menyerupai sebuah karakter atau tokoh, biasanya yang dicontoh adalah karakter film-film kartun atau hewan-hewan lucu.

Karena bentuknya yang lucu, seringkali kyaraben malah sayang ketika akan dimakan. Nah, peluang bisnis kyaraben ini bener-bener menjanjikan dan bener-bener menggiurkan. Ada seorang pebisnis kyaraben yang saat ini omzetnya lebih dari 10 juta rupiah per bulannya, Ditambah lagi bisnis ini adalah bisnis yang menyenangkan buat ibu-ibu rumah tangga karena apa? Karena sesuai dengan hobi ibu-ibu yaitu memasak dan sebagai ibu yang baik tentunya harus memberikan asupan makanan yang baik pula kan buat anak-anaknya?.

Nah, jika temen-temen berminat memulai bisnis ini dari nol, temen-temen bisa jual kyaraben-nya di tempat-tempat yang ramai sama anak-anak kecil misalnya TK, PAUD, taman bermain anak dan tempat-tempat ramai lainnya Atau bisa juga lewat media sosial seperti facebook, twitter, instagram, BBM juga bisa.

Kyaraben ini biasanya dijual mulai harga 25 ribu sampai 50 ribu, tergantung keunikan, ukuran dan bahan makanan apa saja yang digunakan. Itu baru dari jual kyaraben nya saja, Nah saya kasih sedikit tips nih buat temen-temen ketika bisnis kyaraben temen-temen sudah mulai berkembang dan temen-temen sudah mulai ahli dalam membuat kyaraben, temen-temen bisa adain workshop atau seminar cara membuat kyaraben.

Disitu temen-temen bisa ajarin ibu-ibu rumah tangga yang lain agar bisa membuat bekal makanan anak kesayangan mereka yang unik, lucu, mengundang selera dan tentu saja bergizi.

Dan disinilah enaknya bisnis kyaraben itu temen-temen bisa jual juga alat-alat membuat kyaraben seperti misalnya cetakannya, hiasannya dan lain-lainnya.

Temen-temen juga bisa membuka usaha catering untuk acara-acara ulang tahun anak dengan bisnis kyaraben ini. Promosikan bisnis kyaraben temen-temen ini ke tetangga, saudara, atau kalau perlu pasang iklan baik di media cetak ataupun di media sosial “Terus itu harus pakai cetakan ya biar bisa kebentuk seperti itu?”

Tidak harus Banyak juga yang dibentuk hanya dengan tangan. Tapi kalau mau serius di bisnis ini tentu saja temen-temen harus berani mengeluarkan modal berupa membeli cetakan-cetakan kyaraben seperti tadi. Itu pun gak terlalu mahal, Harga cetakannya berkisar antara Rp. 35.000 buat cetakan untuk ekspresi wajah dari karakter bentonya dan sekitar seratus sampai dua ratus ribu untuk cetakan nasi, cetakan roti, cetakan telur atau sejenisnya.

“Beli cetakannya dimana?” Temen-temen cari saja di Google banyak kok yang menjual cetakan kyaraben atau di facebook juga ada tinggal cari saja di kotak pencariannya. Kalau pengen lebih murah lagi, saya sarankan belinya langsung saja ke jepang. Tapi kaya’nya lebih mahal ongkosnya ya daripada yang dibelinya? Gapapa kan sekalian jalan-jalan gitu.

Oh iya, bisnis ini juga adalah bisnis yang persaingannya masih sedikit, Sedangkan jumlah anak-anak usia balita sampai usia TK itu di Indonesia itu terus meningkat. Jadi bisnis ini adalah bisnis yang menjanjikan.

Itu tentang bisnis kyaraben. . Kita beranjak ke peluang usaha yang kedua yaitu

2. Bisnis Handicraft atau Kerajinan Tangan dari kain flanel

Ada banyak cerita tentang kesuksesan ibu-ibu rumah tangga yang terjun di bisnis kerajinan kain flanel ini. Prospek pasar dari bisnis ini masih sangat besar. Batasannya hanya pada imajinasi dan kreativitas kita saja. Bagaimana jika kita seorang pemula dan belum dapat memproduksi kerajinan kain flanel ini? Tenang saja, yang namanya bisnis jika kita belum bisa memproduksi, ya jadilah reseller-nya.

Temen-temen bisa cari pengrajin-pengrajin kain flanel ataupun distributor kerajinan kain flanel kemudian jalinlah kerjasama dengan mereka. Meskipun menjadi reseller, keuntungannya pun masih menjanjikan.

Bentuk yang khas dan corak warna serta keunikan dari kerajinan kain flanel ini digemari bukan hanya dari anak-anak tetapi juga orang dewasa. Sekarang kan banyak tuh kerajinan kain flanel yang bukan hanya boneka untuk anak tapi juga ada yang membuat tas dari kain flanel, dompet, gantungan kunci, gantungan hp, kotak tisu, sepatu bayi dan sebagainya. Jadi pangsa pasar dari kerajinan kain flanel ini sebenarnya sangat luas dan bisa untuk semua kalangan.

Saya punya sedikit tips nih buat temen-temen yang kepengen belajar membuat kerajinan kain flanel ini Temen-temen bisa buka YouTube dan ketik “Cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel”. Ada banyak sekali tutorial atau cara membuat kerajinan dari kain flanel di youtube. Temen-temen bisa meniru dulu dari yang sudah ada kemudian jika sudah semakin ahli temen-temen bisa berkreasi sendiri.

MUST READ:  7 Peluang Usaha di Desa Yang sudah terbukti menguntungkan

Jika produknya sudah ada tinggal bagaimana cara memasarkannya saja. Ada banyak cara untuk memasarkan produk kerajinan dari kain flanel ini, misalnya saja dijual lewat toko-toko souvenir,toko aksesoris atau di swalayan-swalayan terdekat di sekitar rumah temen-temen bisa juga dengan sistem titip jual terus bisa juga dari mulut ke mulut maksudnya bukan mulut ketemu mulut yah. . maksudnya dari obrolan ringan dengan tetangga, teman, saudara, kerabat.

Temen-temen bisa juga menarik perhatian orang lain dengan cara memakainya sendiri. Selain itu, di zaman serba digital ini,temen-temen juga bisa memasarkannya lewat media sosial seperti facebook, twitter, instagram, google plus, youtube, bbm, whatsapp, dan sebagainya.

Jadi cara untuk memasarkan sebuah produk itu ada banyak tinggal action-nya saja. Ya itulah tentang peluang usaha ibu rumah tangga yang kedua yaitu Bisnis Kerajinan dari Kain Flanel. untuk belajarnya tinggal cari saja di Youtube ketik “Cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel” dan silahkan pelajari!

Kita lanjut ke Peluang usaha yang berikutnya yaitu bisnis yang lagi ngetren saat ini dan prospeknya juga menjanjikan yaitu..

3. Bisnis Tanaman Hidroponik

Hidroponik adalah suatu metode bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah melainkan dengan menggunakan larutan mineral bernutrisi atau bahan lainnya yang mengandung unsur hara seperti misalnya sabut kelapa,serat mineral, pasir, pecahan batu bata,serbuk kayu, dan lain-lain sebagai pengganti media tanah. Tanaman hidroponik bisa dilakukan secara kecil-kecilan di rumah sebagai suatu hobi ataupun secara besar-besaran dengan tujuan komersial.

Beberapa kelebihan tanaman dengan sistem hidroponik ini antara lain: Ramah lingkungan karena tidak menggunakan pestisida atau obat hama dan menggunakan air hanya 1/20 dari tanaman biasa.

Tanaman ini tidak menggunakan media tanah dan juga tidak membutuhkan tempat yang luas, Kita bisa memeriksa akar tanaman secara periodik untuk memastikan pertumbuhan dari tanaman hidroponik ini.

Pemakaian air lebih efisien karena penyiraman air tidak perlu dilakukan setiap hari sebab media larutan mineral yang dipergunakan selalu tertampung di dalam wadah yang dipakai. Hasil tanaman bisa dimakan secara keseluruhan termasuk akarkarena terbebas dari kotoran dan hama.

Lebih hemat karena tidak perlu menyiramkan air setiap hari tidak membutuhkan lahan yang banyak,media tanaman bisa dibuat secara bertingkat. Pertumbuhan tanaman lebih cepat dan kualitas hasil tanaman dapat terjaga. Bisa menghemat pemakaian pupuk tanaman dan tidak perlu banyak tenaga kerja.

Ini juga bisa ditanam dimana saja bahkan di garasi, Bisa juga ditanam kapan saja karena tidak mengenal musim. Beberapa tanaman yang sering ditanam secara hidroponik, adalah sayur-sayuran seperti brokoli,sawi, bayam, kangkung, tomat, bawang, bahkan strowbery dan lain sebagainya.

Tanaman-tanaman tersebut sering menjadi pilihan utama kaum vegetarian karena sangat memperhatikan proses suatu tanaman apakah terdapat unsur pembunuhan terhadap makhluk hidup,tercampur unsur kimiawi, konservasi lingkungan dan sebagainya. Ada beberapa teknik dalam menanam tanaman hidroponik.

Disini saya tidak menjelaskan teknik-tekniknya seperti apa karena terlalu panjang ya temen-temen. Temen-temen bisa belajar dari video yang diunggah di Youtube misalnya. Silahkan cari saja di Youtube tentang cara hidroponik dan temen-temen akan menemukan cara-cara sederhana atau tekhnik-tekhnik dalam menanam tanaman hidroponik.

Okey kita lanjut lagi masih mengenai tanaman hidroponik yaitu tentang Prospek Usaha Tanaman Hidroponik.

Berbicara tentang usaha dalam bidang hidroponik tidak terlepas dari jasa Om Bob Sadino yang dapat dianggap sebagai orang pertama yang memperkenalkan sistem bercocok tanam sayur hidroponik di Indonesia.

Sayuran hidroponik mulai diperkenalkan oleh Om Bob Sadino di supermarket KemChick pada sekitar tahun 90-an. Sekarang, sayur hydroponik dapat dibeli di beberapa supermarket terkenal. Harga sayur hidroponik dipasang dengan harga 4 hingga 5 kali lipat lebih mahal daripada harga sayur biasa di pasar tradisional.

Namun, karena sayuran hidroponik terbebas dari pemakaian pestisida,proses tanam hingga panen yang berhigenitas tinggi,lebih segar, dan packaging yang lebih baik,sayuran hidroponik yang dijual di beberapa supermarket selalu terjual habis dengan cepat.

Dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan gerakan vegetarian dalam mengatasi permasalahan pemanasan global,tentunya permintaan sayuran dan buah-buahan yang berasal dari proses yang ramah lingkungan akan menjadi permintaan utama dalam daftar konsumsi mereka.

Karena terbatasnya persediaan, dan makin tingginya permintaan sayuran jenis hidroponik ini, maka peluang bisnis yang ramah lingkungan ini cukup baik untuk digeluti oleh para pengusaha dalam skala yang besar, termasuk peluang ekspor ke pasar negara tetangga yang permintaannya sangat tinggi seperti Singapura dan Malaysia.

MUST READ:  17 Peluang Usaha Makanan/Kuliner Yang Paling Menguntungkan

Dari beberapa referensi yang diperoleh biaya investasi untuk penanaman hidroponik secara komersial dengan skala kecil untuk luas tanah sekitar 100 m2 sekitar Rp 150 juta untuk pembuatan bak tanaman, bak penampung air, pipa saluran air,media, cairan larutan, dan bibit tanaman.

Pengembalian investasinya sekitar Rp 500 juta hingga Rp 750 juta per tahun. Ini adalah suatu peluang usaha yang pantas untuk digeluti. Jadi gimana temen-temen ada yang tertarik? Itu tentang peluang usaha ibu rumah tangga yang ketiga ya tentang Tanaman Hidroponik. Peluang usaha rumahan/sampingan yang cocok untuk Ibu rumah tangga berikutnya ialah..

4. Bisnis Kue Kering

Tidak diragukan lagi, usaha kue kering adalah usaha yang menjanjikan. Kenapa saya katakan seperti itu? Karena sudah banyak kisah sukses orang-orang yang terjun ke bisnis kue kering. Bahkan omzetnya saja bisa sampai milyaran rupiah. Waw. . Pada hari-hari biasa memang tingkat penjualan kue kering ini tidak setinggi pada hari-hari besar.

Tapi disitulah intinya. Di hari-hari biasa itulah kita harus bekerja keras membangun image, membangun brand bahwa kita adalah pebisnis kue kering dengan produk-produk berkualitas dan ketika sudah tertanam di pikiran orang-orang bahwa jika mereka ingat kue kering, mereka akan ingat kita maka bersiap-siaplah panen pada bulan Ramadhan, saat menjelang lebaran, menjelang natal,menjelang imlek dan hari-hari besar lainnya.

Pada saat panen itulah banyak pebisnis musiman yang bermunculan. Nah disitulah kelebihan kita, kalau kita sudah satu tahun ini atau beberapa bulan sebelumnya sudah melakukan branding atau pun berpromosi bahwa kita ini jualan kue kering,maka pedagang kue kering musiman itu sulit untuk bisa menyaingi kita.

Namun begitu, jika kita ingin membuka usaha jualan kue kering,kita harus tahu apa saja hal-hal penting yang wajib diperhatikan agar usaha kita ini sukses.

Pertama, sesuaikan usaha kue kering yang hendak kita jual dengan selera pasar. Selain menyesuaikan selera pasar, kita juga harus memproduksi kue kering dengan bahan yang berkualitas dan sehat mengingat para pembeli saat ini tidak hanya mencari produk yang berkualitas, namun juga harus sehat.

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam berjualan kue kering adalah selalu berinovasi dengan produk usaha kue kering yang kita buat. Temen-temen bisa menghadirkan kue-kue unik yang belum beredar di pasaran dan selain itu, kita juga bisa berinovasi dengan bahan yang kita gunakan dengan cara menggunakan bahan yang belum banyak digunakan seperti tepung ubi, misalnya.

yang ketiga agar usaha kue kering yang kita jual laris,usahakan untuk menjual kue kering dalam kemasan kecil karena pelanggan biasanya lebih suka membeli kue kering dalam wadah kecil untuk dikonsumsi secara harian. Tak hanya masalah kemasan, nama juga turut menentukan sukses atau tidaknya suatu usaha.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk memilih sebuah nama yang tidak hanya menarik namun juga unik untuk usaha kue kering kita, sehingga pembeli akan langsung tertarik hanya dengan melihat namanya tersebut. yang keempat hal yang tidak kalah penting yaitu kita harus selalu berani merubah kemasan kue atau tampilan kue tanpa menghilangkan keunikan dari produk yang kita jual itu.

Maksudnya adalah jika seandainya produk kue kering kita tidak begitu laris di pasaran,coba temen-temen ubah kemasan menjadi lebih unik,menarik dan tentu saja rasanya tetap enak,maka sudah pasti omzet penjualan akan meningkat. Itulah sedikit tips bagi temen-temen yang ingin serius terjun di bisnis kue kering.

Okey selanjutnya kita beralih ke peluang usaha berikutnya yaitu…

5. Jualan produk kecantikan

Menjalankan bisnis kecantikan untuk ibu rumah tangga saat ini memang memiliki prospek menjanjikan dengan keuntungan yang lumayan besar.

Tak lain hal itu disebabkan oleh kebutuhan para wanita yang ingin tampil cantik dan menarik sehingga menjadikan usaha ini mengalami perkembangan pesat di Indonesia. Pasarnya pun masih sangat terbuka luas. Jika tertarik menjalankan usaha produk kecantikan maka sebenarnya gak usah bingung, terutama masalah modal.

Modal minim atau kecil bukanlah penghambat utama untuk seorang pebisnis. Sebab kemauan, kerja keras dan pantang menyerah bisa menjadi modal utama ketika berniat menjadi seorang pengusaha walaupun hanya dikerjakan sebagai kerja sampingan di rumah Apalagi saat ini, perkembangan pengguna internet di Indonesia semakin luas dan mengalami peningkatan setiap tahunnya.

temen-temen yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga,mau belajar untuk menguasai bagaimana cara menjalankan bisnis ini di rumah dengan mengoptimalkan media online,maka itu akan sangat menguntungkan karena dapat menekan biaya yang dikeluarkan.

MUST READ:  5 Perbedaan Memakai Uang Sehingga Anda Miskin dan Orang Lain Kaya!

Lalu, produk apa yang bisa saya jual dan darimana mendapatkan produk itu? Tak perlu bingung Saya akan ajak temen-temen ke Tokopedia dimana temen-temen bisa menemukan barang-barang yang mungkin saja temen-temen belum mengetahuinya.

Peluang usaha yang cocok bagi ibu rumah tangga yang selanjutnya ialah..

6. Jualan peralatan rumah tangga yang unik dan terbaru.

Kenapa harus yang unik dan terbaru? Karena jika yang dijual adalah peralatan rumah tangga yang biasa-biasa saja yang bisa ditemui dimana saja,penjualannya juga akan biasa-biasa saja. Oleh karena itu, saya sarankan untuk berjualan peralatan rumah tangga yang unik dan yang terbaru.

Seperti apa sih peralatan rumah tangga yang unik dan terbaru itu? Kita kembali lagi ke tokopedia dimana temen-temen bisa mencari barang yang unik dan model terbaru Jika tadi kita telah membahas tentang produk kecantikan, saatnya kita membahas tentang produk peralatan rumah tangga.

nanti temen-temen beli dari Tokopedia-nya kemudian temen-temen jual kembali karena produk yang best seller di Tokopedia itu berpotensi juga menjadi best seller ketika dijual secara offline temen-temen gak hanya sebatas itu yah.

temen-temen nanti bisa cari sendiri mana produk yang bagus yang unik dan terbaru misalnya tadi ada produk unik tentang Wearable Handuk Multifungsi, itu hanya salah satu contoh produk yang unik saja sebenarnya masih banyak produk unik di Tokopedia ataupun produk-produk dengan model yang terbarujadi temen-temen silahkan cari sendiri dan silahkan temen-temen analisa sendiri apakah produk ini bakalan laris di wilayah temen-temen atau enggak? Itu untuk penjelasan tentang Berjualan peralatan rumah tangga yang unik dan terbaru.

Okey, peluang usaha yang terakhir yaitu

7. Bisnis Fashion

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer atau kebutuhan utama manusia. Seiring berjalannya waktu, kebutuhan ini akan mengalami peningkatan, baik dari kualitas dan kuantitasnya. Kondisi tersebut menjadikan peluang bisnis fashion di Indonesia tak akan pernah ada matinya, bahkan akan terus meningkat setiap tahunnya. Setiap harinya, selalu ada model baju baru yang bermunculan dikalangan masyarakat.

Tentunya, kebutuhan ini akan dapat terpenuhi dengan banyak berdirinya sejumlah toko atau gerai baju yang turut meramaikan industri ini. Bagi temen-temen yang tertarik untuk menekuni usaha ini, berikut tips yang dibutuhkan untuk memulai bisnis fashion

Tips yang pertama : Menyesuaikan produk dengan kebutuhan pasar.

Dalam menekuni usaha ini, kita perlu menyesuaikan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Misalnya, menjelang lebaran tiba, kita bisa menjual produk fashion seperti baju muslim, baju koko, peci, sarung, kerudung dan asesoris lainnya.

Tips yang kedua yaitu : Promosi

Bagi temen-temen yang memutuskan untuk menjalani usaha ini, temen-temen perlu mempromosikan produk yang dijual secara berkesinambungan. Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi di Indonesia, kita bisa memanfaatkan sistem pemasaran online agar lebih efektif dalam memasarkannya.

Tips yang ketiga : Menganalisa Penjualan

Dalam usaha ini, kita juga perlu melakukan analisa penjualan secara langsung kepada konsumen. pada mereka kebutuhan pelanggan yang belum ada di toko kita. Dengan demikian, maka kita akan lebih mudah memahami kebutuhan yang diperlukan oleh konsumen.

Tips yang keempat : Menjual produk yang unik

Memiliki produk yang unik dan berbeda dari sejumlah pelaku usaha sejenis merupakan hal yang sangat mempengaruhi keberhasilan bisnis fashion ini.

Untuk itu, kita perlu mengembangkan keunikan produk yang dijual,sehingga para konsumen akan kembali datang lantaran produk yang kita jual tidak ditemukan di toko lainnya. Salah satu contoh produk unik yang sedang ngetren saat ini adalah Kaos 3D atau Kaos 3 Dimensi. Silahkan cari saja distributornya di Google atau di Tokopedia.

Tips yang terakhir yaitu : Kesungguhan menjalani usaha

Seseorang yang ingin menjalani sebuah usaha, sebelum memulainya perlu memiliki kesungguhan yang tinggi. Hal ini diperlukan agar usaha yang kita jalani ini tidak terhenti di tengah jalan, dengan kata lain mengalami kebangkrutan. Dengan adanya kesungguhan tersebut,maka saat kita mengalami tantangan dan hambatan usaha,kita akan tetap bertahan dan mampu menghadapi serta mengatasi hambatannya dengan baik.

Itulah sedikit tips bagi temen-temen yang ingin mulai menekuni bisnis fashion. Dan itu juga merupakan pembahasan peluang usaha yang terakhir dari 7 peluang usaha rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir, saya do’akan semoga temen-temen yang berencana membuka usaha atau yang sedang menjalankan usaha semoga usahanya berjalan lancar, tidak menemui hambatan yang berarti, rezekinya melimpah serta berkahdan terus diberikan kesehatan. Semoga sukses dan jangan lupa berbagi dengan sesama.

About The Author

Reply